Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Padang

Indriani, Nadia Eka Putri (2023) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NADIA_EKA_PUTRI_INDRIANI_19016036_634_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 546 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 9 yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,19. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,46. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (9,21>1,70). Dengan kata lain, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:19
Last Modified: 26 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45232

Actions (login required)

View Item View Item