Students’ Perception on Internet-Assisted Collaborative Learning in English Class at SMAN 12 Padang

Cantika, Nada Hendrita (2023) Students’ Perception on Internet-Assisted Collaborative Learning in English Class at SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NADA_HENDRITA_CANTIKA_18018146_889_2023.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kolaboratif merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa bekerja dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama. Internet telah terbukti menjadi alat pembelajaran kolaboratif yang berguna karena mudah diakses dan menyediakan banyak sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran kolaboratif dengan bantuan internet di kelas bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 12 program IPA SMAN 12 Padang tahun ajaran 2022/2023. Purposive sampling digunakan oleh peneliti untuk memilih sampel penelitian ini, dan XII IPA 3 dipilih sebagai sampel penelitian ini dengan total 39 siswa. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengkaji data. Kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang sangat positif terhadap model pembelajaran kolaboratif dengan bantuan internet. Persepsi ini dibuktikan oleh rata-rata total kuesioner (3.31 dari 4). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif dengan bantuan internet membantu siswa dalam kelompok: saling ketergantungan positif, mengembangkan tanggung jawab dan kerja tim, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan membuat mereka lebih percaya diri dan kritis dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, internet sangat cocok untuk membantu memfasilitasi model pembelajaran kolaboratif karena mudah diakses, menyediakan banyak sumber informasi dan efisien dalam membantu keberhasilan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFudhla, NoraUNSPECIFIED
CorrectorTiarina, YuliUNSPECIFIED
CorrectorFitrawati, FitrawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:19
Last Modified: 26 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45229

Actions (login required)

View Item View Item