Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam

Jannah, Muthia Bazaratul (2023) Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_MUTHIA_BAZARATUL_JANNAH_19016034_3020_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada empat. Pertama, mendeskripsikan wujud alih kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Kedua, mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Ketiga, mendeskripsikan wujud campur kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Keempat, mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa yang mengandung alih kode dan campur kode dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Sumber data penelitian ini adalah seluruh tuturan seorang bahasa Indonesia guru dan siswa saat proses pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Indonesia dan 58 siswa kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan alat bantu berupa alat perekam (handphone), alat tulis, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekan, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengapsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ada empat. Pertama, wujud alih kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam ada dua, alih kode intern dan alih kode ektern. Kedua, faktor penyebab terjadinya alih kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam ada lima faktor, (1) penutur atau pembicara, (2) lawan tutur atau pendengar, (3) perubahan situasi atau hadirnya orang ketiga atau pihak ketiga, (4) Perubahan topik pembicaraan, dan (5) Perubahan situasi formal ke informal atau sebaliknya. Ketiga, wujud campur kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam ada tiga, campur kode ke dalam (inner code mixing), campur kode ke luar (outer code mixing), dan campur kode campuran (hybrid code mixing). ditemukan adalah campur kode campuran (hybrid code mixing). Keempat, faktor penyebab terjadinya campur kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam, (1) identifikasi peranan, (2) identifikasi ragam, (3) keinginan untuk menjelaskan dan menafsirkan, (4) faktor penutur, dan (5) faktor bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat dua jenis alih kode dan tiga jenis campur kode pada tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam, serta terdapat lima faktor penyebab terjadinya alih ko de dan juga lima faktor penyebab terjadinya campur kode dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:17
Last Modified: 26 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45221

Actions (login required)

View Item View Item