Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Tari) Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Padang

Annisa, Muthia (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Tari) Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_MUTHIA_ANNISA_18023013_3230_20223.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Seni Budaya (tari) Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 9 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdaftar aktif pada semester 2 (genap) dengan sampel 72 orang yang terdiri dari XI IPA3 dan XI IPA5. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dalam bentuk objektif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipakaia dalah tes (pre dan post test), observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik uji perbandingan rata-rata hasil belajar sesuai formula Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar seni budaya (tari) siswa antara penggunaan media Audiovisual dengan media konvensional pada pembelajaran semester genap di SMA Negeri 9 Padang. Hal ini dibuktikan dengan malakukan pengujian hipotesis dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan alpha (taraf kepercayaan) sebesar 0,05. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 87,36 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 77,77. Maka selisih kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 9,95. Dengan di dapatkan nilai uji-t sebesar thitung > ttabel (5.589>-1.690).Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata siswa yang menggunakan media audiovisual dengan media konvensionalbesar selisihnya yaitu 9,95 dan uji-t sebesar (5.589>-1.690)yang artinya ada pengaruh penggunaan strategi tersebut dalam meningkatkan hasil belajar seni budaya(tari) siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:58
Last Modified: 25 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45219

Actions (login required)

View Item View Item