Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Atlet Pencak Silat Perguruan Sisinga Berantai AlHikmah Kabupaten Bungo

Dzakiyyah, Dwi Manna Nasmi (2023) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Atlet Pencak Silat Perguruan Sisinga Berantai AlHikmah Kabupaten Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DWI_MANNA_NASMI_DZAKIYYAH_19089035_4259_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah atlet Perguruan Sisinga Berantai Al- Hikmah Kabupaten bungo yang memiliki karakteristik endomorph dan ectomorph akibatnya banyak mengalami penurunan dan peningkatan kelas ini dikarenakan ukuran dan proporsi tubuhnya yang dianggap tidak ideal atau jelek dalam perspektif atlet, asupan nutrisi dalam pola makan, kebiasaan diet yang tidak sehat, serta keseimbangan antara latihan fisik dan nutrisi yang tepat untuk bisa mencapai performa baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi atlet Pencak Silat perguruan Sisinga Berantai Al- Hikmah Kabupaten Bungo. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya dan mengambil atau memusatkan perhatian kepada masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah atlet Pencak Silat perguruan Sisinga Berantai Al-Hikmah Kabupaten Bungo, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet, dengan sampel berjumlah 25 atlet. Metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 18 atlet. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase yang selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dan ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks massa tubuh (IMT) berdasarkan berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) dengan rata-rata atlet pencak silat Perguruan Sisinga Berantai Al-Hikmah Kabupaten Bungo berkategori endomorph. Pada faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi terdapat dua faktor berkategori baik yaitu, faktor penyakit infeksi, dan faktor sanitasi lingkungan. Terdapat satu faktor dalam kategori sedang yaitu, faktor sosial ekonomi. Terdapat dua faktor dalam kategori kurang yaitu, faktor pengetahuan gizi kebiasaan pola makan. Faktor yang mempengaruhi status gizi atlet tersebut adalah pengetahuan gizi atlet yang rendah dan kebiasaan pola makan yang kurang. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi secara rutin agar status gizi atlet pencak silat tetap optimal dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat. Atlet pencak silat sebaiknya memperhatikan jumlah dan frekuensi makan, kebiasaan pola makan yang sehat dan teratur. Serta atlet pencak silat harus mengetahui asupan, frekuensi makan gizi yang baik bagi atlet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndika, Pudia MUNSPECIFIED
CorrectorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorNelson, SonyaUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:57
Last Modified: 25 Jul 2023 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45216

Actions (login required)

View Item View Item