Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan

Redhya, Zulhafizah (2022) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ZULHAFIZAH_REDHYA_18016200_3231_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan sebelum menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan sesudah menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan standar deviasi dari empat kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP negeri 3 Palembayan sebelum dan sesudah menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks fabel. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan sebelum menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 64,66. Kedua, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan sesudah menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 77,78. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (4,51 > 1,70). Dengan demikian, dapat disimpulan bahwa penggunaan model project based learning berbantuan media gambar berseri berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palembayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorErmawati, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROJECT BASED LEARNING, MEDIA GAMBAR BERSERI, KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:13
Last Modified: 24 Jul 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45181

Actions (login required)

View Item View Item