Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Dewi, Yuni Komala (2022) Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_YUNI_KOMALA_DEWI_18016198_3605_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Kedua, mendeskripsikan ciri kebahasaan teks deskripsi karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat, tepatnya dikelas VII.6. Data penelitian ini berupa teks deskripsi yang diperoleh dari sumber data penelitian, yaitu dokumentasi hasil tugas siswa kelas VII.6 yang berjumlah 24 teks deskripsi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut. Pertama, ditemukan tiga bagian struktur teks deskripsi, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan penutup di dalam teks deskripsi karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Kedua, ditemukan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks deskripsi karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Ciri kebahasaan yang ditemukan masih terdapat ketidaktepatan dalam penulisan dan penggunaannya terutama dalam penggunaan kata depan dan penggunaan huruf kapital. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, Pertama, dalam menulis teks deskripsi, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat sudah menggunakan struktur teks deskripsi, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan penutup. Dari dua puluh empat teks deskripsi siswa, penggunaan struktur penutup pada teks deskripsi siswa paling sedikit ditemukan. Sedangkan struktur identifikasi ditemukan pada dua puluh dua teks yang ditulis siswa dan struktur deskripsi bagian sudah ditulis lengkap sesuai dengan syarat penggunaan struktur tersebut. Kedua, dilihat dari segi kebahasaan, siswa sudah menggunakan keempat ciri kebahasaan pada teks yang ditulisnya, yaitu kalimat cerapan pancaindra, kata depan (preposisi), majas, dan ejaan (penggunaan huruf kapital). Dari empat kebahasaan yang dibahas, penggunaan kata depan di dan ke serta penggunaan huruf kapital merupakan kebahasaan yang dominan memiliki ketidaktepatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI, CIRI KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:59
Last Modified: 21 Jul 2023 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45175

Actions (login required)

View Item View Item