Faktor-Faktor Keputusan Wasit dalam Pertandingan Sepakbola: Studi Deskriptif pada Wasit Sepakbola Asosiasi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat

Karim, Abdul Ihsan (2023) Faktor-Faktor Keputusan Wasit dalam Pertandingan Sepakbola: Studi Deskriptif pada Wasit Sepakbola Asosiasi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ABDUL_IHSAN_KARIM_18089178_134_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya gambaran tingkat kemampuan kecepatan, daya tahan, konsentrasi, dan pengetahuan laws of the game terhadap kinerja wasit Asosiasi Kota Padang, sehingga pada saat pengambilan keputusan dilapangan kurang berjalan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat kemampuan kondisi fisik, konsentrasi dan pengetahuan wasit Asosiasi Kota Padang terdiri dari kecepatan, daya tahan, konsentrasi, dan pengetahuan, penelitian ini masuk dalam penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah wasit Asosiasi Kota Padang yang berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 4 orang C1 Nasional, 5 orang C2 provinsi, 6 orang C3 Daerah tahun 2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara populasi sampling, artinya semua wasit yang ada di Asosiasi Kota Padang dengan jumlah 15 orang dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang di keluarkan FIFA 2018 yaitu kecepatan menggunakan tes lari 6 x 40 meter, daya tahan menggunakan tes lari 40 x 75 meter, konsentrasi dengan tesgrid concentration exercise test, pengetahuan menggunakan tes Kuesioner pemahaman peraturan permainan. Analisis data digunakan teknik analisis deskriptif melalui statistik (tabulasi frekuensi). Hasil penelitian di peroleh : Rata-rata tingkat kecepatan terhadap 15 orang yang dimiliki wasit Asosiasi Kota Padang 5.90 detik tergolong kategori baik sekali atau terdapat 86.66% kategori baik sekali, 6.67% kategori baik, dan 6.67% kategori Kurang. Rata-rata tingkat daya tahan wasit Asosiasi Kota Padang 15.06 detik tergolong kategori kurang atau terdapat 33.33% kategori baik sekali dan 66.67% kategori kurang. Rata-rata tingkat konsentrasi wasit Asosiasi Kota Padang 14 tergolong kategori Sedang atau terdapat 13.33% kategori baik sekali, 26.67% kategori baik, 26.67% kategori sedang, 33.33% kategori rendah. Rata-rata tingkat pengetahuan dan pemahaman wasit Asosiasi Kota Padang 35 tergolong kategori sangat tinggi atau terdapat 86.67% kategori sangat tinggi dan 13.33% kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari tingkat kemampuan kondisi fisik, konsentrasi, dan pengetahuan wasit Asosiasi Kota Padang di atas dapat disimpulkan bahwa berdasarkan standar penilaian fisik FIFA diperoleh kemampuan kecepatan yang dimiliki wasit Asosiasi Kota Padang dengan kategori baik sekali, daya tahan tergolong kategori kurang, konsentrasi tergolong kategori sedang, dan pengetahuan tergolong kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorTohidin, DidinUNSPECIFIED
CorrectorFajri, Hadi PeryUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:52
Last Modified: 21 Jul 2023 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45141

Actions (login required)

View Item View Item