Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampaludi Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman

Pranata, Yozi Alta (2022) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampaludi Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_YOZI _ALTA_PRANATA_16017039_6966_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu di Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu di Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskripsif. Data pada penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu di Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Data dikumpulkan dari informan melalui dua tahap, yaitu: (1) tahap perekaman cerita rakyat legendaSyekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu, dan (2) tahap pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan. Data tentang lingkungan penceritaan dikumpulkan dengan teknik pencatatan, pengamatan, dan wawancara. Data dalam peneltian ini dianalisis dengan empat tahap, yaitu: (1) tahap identifikasi data, data yang dikumpulkan dari informan diidentifikasi melalui dua tahap, yaitu tahap transkripsi dan transliterasi data; (2) tahap klasifikasi data atau analisis data; (3) tahap pembahasan atau penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data; (4) tahap pelaporan Hasil penelitian sebagai berikut. Struktur cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu di Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman terdiri atas: (1) gaya bahasa dalam cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu menggunakan dialek Pariaman yang mudah dipahami dan menarik karena menggunakan pepatah Minang; (2) tokoh dan penokohan yakni tokoh utama dan tokoh tambahan; (3) latar dalam cerita meliputi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial; (4) alur atau plot cerita adalah alur konvensional dengan menggunakan tiga tahap yaitu, tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir; (5) tema dari cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu yaitu tentang perjuangan dalam menyebarkan agama Islam; (6) amanat dari cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu yaitu segala sesuatu di atas dunia ini terjadi karena kuasa dan kehendak Allah Swt. Fungsi sosial dari cerita rakyat legenda Syekh Muhammad Yatim Tuangku Ampalu yaitu sebagai sarana untuk mendidik, sebagai alat untuk mewariskan tradisi lisan, dan sebagai sarana untuk menunjukkan jati diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasanuddin WS, Hasanuddin WSUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR DAN FUNGSI SOSIAL, CERITA RAKYAT, LEGENDA SYEKH MUHAMMAD YATIM TUANGKU AMPALUDI
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:51
Last Modified: 21 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45140

Actions (login required)

View Item View Item