Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran REACT Pada Pokok Bahasan Transformasi Untuk Peserta Didik Kelas IX SMPN 1 Batang Anai

Arisa, Vani (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran REACT Pada Pokok Bahasan Transformasi Untuk Peserta Didik Kelas IX SMPN 1 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Vani_Arisa_16029139_5104_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran beruapa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pokok bahasan Transformasi untuk siswa kelas IX dengan menerapkan pembelajaran berbasis model pembelajaran Relating, experiencing, applying, cooperating, and transfering. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa RPP dan LKPD berbasis pembelajaran REACT yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Tahap analisis pendahuluan terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis konsep. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang terdiri dari evaluasi sendiri, validasi oleh pakar, dan evaluasi perorangan. Validasi oleh pakar dilakukan oleh pakar pendidikan matematika dan bahasa Indonesia. Pada fase evaluasi perorangan, perangkat pembelajaran diuji cobakan pada 3 orang peserta didik kelas IX SMP yang memiliki kemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Hasil analisis validasi oleh pakar terhadap perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran REACT dan evaluasi perorangan diperoleh validitas RPP 89,75% dan LKPD 90,27% serta tingkat kepraktisan 86,35%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran REACT telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk dan sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu penggunaan. Berdasarkan penjelasan diatas disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran REACT untuk peserta didik kelas IX SMP pada pokok bahasan Transformasi sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:22
Last Modified: 21 Jul 2023 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45138

Actions (login required)

View Item View Item