Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII Smpn 4 Bukittinggi

Rahmi, Ulya (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII Smpn 4 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ULYA_RAHMI_18029024_5749_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP N 4 Bukittinggi masih rendah. Hal ini dilihat dari hasil ulangan harian peserta didik yang soal-soalnya memuat indikator pemecahan masalah matematis dan ditemukan fakta bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMPN 4 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan The Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 4 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampua pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,005. Karena P-value kurang dari α (α = 0,05) artinya terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorMeutia, MaulaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:02
Last Modified: 21 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45136

Actions (login required)

View Item View Item