Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang

Putri, Syilvi Jania (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SYILVI_JANIA_PUTRI_18029172_5721_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review lebih baik dibandingkan belajar dengan konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah quasy-experiment dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang sebanyak 61 orang. Setelah melakukan langkah-langkah pengambilan sampel, maka terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata α=0.05 diperoleh P-value = 0,002. Karena P-value < α maka tolak H0. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorSri, ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:59
Last Modified: 21 Jul 2023 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45135

Actions (login required)

View Item View Item