Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson dan Dampak Pemberian Scaffolding pada Materi Turunan di Kelas XI IPA SMAN 1 Bengkulu Utara

Alifah, Siti Syifa (2022) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson dan Dampak Pemberian Scaffolding pada Materi Turunan di Kelas XI IPA SMAN 1 Bengkulu Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SITI_SYIFA_ALIFAH_18029021_7445_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi turunan berdasarkan kriteria Watson serta dampak pemberian scaffolding. Dalam penelitian ini digunakan soal test essai berbentuk soal cerita sebanyak 6 soal berdasarkan materi aplikasi turunan kepada peserta didik kelas XI IPA 3 yang dipilih melalui hasil ulangan harian terendah pada materi turunan. Soal dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman serta diuji keabsahan data dengan triangulasi metode dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kesalahan Watson yang paling sering terjadi adalah kesalahan lainnya dengan persentase kesalahan sebesar 27,92% dan kesalahan yang sedikit terjadi adalah kesalahan konflik level respon dengan persentase kesalahan sebesar 1,67%. Pemberian scaffolding adalah level 1,2, dan 3. Dampak pemberian scaffolding dapat mengatasi kriteria kesalahan konflik level respon, kesimpulan tidak disebutkan, data tidak disebutkan, masalah hirarki keterampilan dan beberapa kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, manipulasi tidak langsung serta kesalahan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:46
Last Modified: 21 Jul 2023 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45132

Actions (login required)

View Item View Item