Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Padang

Nedi, Putri Setia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PUTRI_SETIA_NEDI_18029043_ 5451_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran langsung serta mendeksripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization di kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan penelitian Non-equivalent Posttest Only Kontrol Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 2 Padang Tahun pelajaran 2022/2023. Kelas eksperimen yaitu kelas XIF.5 dan kelas kontrol yaitu kelas XIF.4 serta subjek deskriptif yaitu kelas XIF.5. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan tes pemahaman konsep untuk membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh P-value=0 dimana P-value<α maka tolak H_0. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:10
Last Modified: 21 Jul 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45130

Actions (login required)

View Item View Item