Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Padangpanjang

Safitri, Nur Aini (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Padangpanjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NUR_AINI_SAFITRI_18029112_6154_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah ini belum dikuasai oleh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Padangpanjang secara optimal. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik ini perlu diidentifikasi guna meningkatkan mutu kegiatan pembelajaran dengan melakukan penelitian untuk menganalisis kemampuan tiap indikator pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Padangpanjang serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Padangpanjang tahun pelajaran 2021/2022 yang dikelompokkan menjadi tiga kelompok kemampuan. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Subjek kelompok tinggi sudah mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah. b) Subjek kelompok sedang sudah mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. Pada indikator melaksanakan rencana terdapat perbedaan, subjek yang memiliki kemampuan baik dalam pemahaman konsep dan penalaran lebih mampu dalam melaksanakan rencana. Kemudian subjek kelompok sedang belum mampu memeriksa kembali solusi. c) Subjek kelompok rendah belum mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis terdiri atas faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan memahami ruang lingkup masalah, kemampuan pemahaman konsep, kemampuan mengolah data, kesulitan belajar, pengetahuan awal, ketelitian, kemandirian belajar, dan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Faktor eksternal yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah metode pembelajaran dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:06
Last Modified: 21 Jul 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45129

Actions (login required)

View Item View Item