Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung

Zulfia, Nova (2022) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NOVA_ZULFIA_18029081_ 5794_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena pada dasarnya dalam proses pembelajaran matematika peserta didik akan berhadapan dengan masalah yang perlu diselesaikan. Berdasarkan hasil tes di SMPN 1 2X11 Enam Lingkung dapat dilihat bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model discovery learning. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2021/2022 Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian static group comparison. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data untuk pengujian hipotesis, ditemukan bahwa pada taraf signifikan α=0,05 dengan uji t diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:06
Last Modified: 21 Jul 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45128

Actions (login required)

View Item View Item