Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Enam Lingkung

Marlianna, Meri (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MERI_MARLIANNA_18029037_5301_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep menjadi dasar utama dalam pencapaian pembelajaran matematika. Pemahaman konsep akan membantu peserta didik dalam memahami matematika dengan baik. Berdasarkan hasil tes awal yang diberikan kepada peserta didik kelas VII SMPN 1 Enam Lingkung, diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang terlibat dalam memahami konsep dan tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal-soal non rutin. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk melihat pengaruhnya terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 1 Enam Lingkung serta melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diterapkan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalent Group dengan desain The Posttest Only Design with Nonequivalent Groups. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Enam lingkung. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (kelas VII F) dan kelas kontrol (kelas VII E). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan nilai kuis peserta didik kelas VII SMPN 1 Enam Lingkung. Selain itu, hasil uji hipotesis penelitian dengan taraf nyata (α=0,05), diperoleh nilai P-value adalah 0,000 artinya H_0 ditolak. Dengan demikian, disimpulkan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:50
Last Modified: 21 Jul 2023 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45127

Actions (login required)

View Item View Item