Pengembangan Modul Himpunan Berbasis Saintifik yang Bernuansa Islami untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs

Sarkawi, M Rafki (2022) Pengembangan Modul Himpunan Berbasis Saintifik yang Bernuansa Islami untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan oleh pendidik matematika MTsN 1 Tanah Datar saat ini, diantaranya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah dan perubahan proses belajar mengajar karena pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 menghambat pendidik dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada peserta didik dan pandemi Covid-19 juga menghambat pendidik dalam menerapkan pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahaui karakteristik modul himpunan berbasis saintifik yang bernuansa islami untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp dengan 3 fase yaitu analisis pendahuluan terdiri dari: analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap pengembangan prototipe terdiri dari : evaluasi sendiri, tinjauan pakar/ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan. Serta tahap penilaian terdiri dari uji efektivitas dengan melakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 1 Tanah Datar. Karakteristik modul himpunan yang dikembangkan yaitu menggunakan langkah-langkah pembelajaran saintifik untuk setiap pertemuan pembelajaran. Masalah matematika yang digunakan pada modul menggunakan cerita dan nilai-nilai keislaman. Modul himpunan dilengkapi dengan petunjuk pembelajaran, soal-soal latihan dan pembahasan dari soal-soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian oleh para ahli diperoleh rata-rata kevalidan sebesar 82,96 dengan kategori valid. Kepraktisan modul himpunan dilihat dari hasil analisis angket respon peserta didik pada uji lapangan dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 83,40 dengan kategori praktis. Keefektivan modul himpunan dilihat dari analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada tahap uji lapangan dengan rata-rata ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 70,08% dengan kategori efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa modul himpunan berbasis saintifik yang bernuansa islami memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDonny, PermanaUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:48
Last Modified: 21 Jul 2023 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45126

Actions (login required)

View Item View Item