Struktur, Isi, dan Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam

Husna, Wiwi Noveria (2022) Struktur, Isi, dan Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_10_WIWI_NOVERIA_HUSNA_18016095_5495_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Kedua, mendeskripsikan isi teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Ketiga, mendeskripsikan ciri kebahasaan teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ampek Angkek dengan mendeskripsikan struktur, isi, dan ciri kebahasaan yang terapat dalam teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Data penelitian ini berupa struktur, isi, dan ciri kebahasaan teks prosedur yang diambil dari sumber data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 30 teks prosedur siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pancing. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tabel inventaris. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan mendskipsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulakan tiga hal. Pertama, dalam menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek secara umum telah menggunakan ketiga struktur teks prosedur. Ketiga struktur tersebut yaitu tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang. Kedua, dilihat dari segi isi, secara umum teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek telah tepat menulis isi struktur teks prosedur sesuai dengan isi struktur teks prosedur. Ketiga, dilihat dari ciri kebahasaan, yaitu penggunaan kalimat imperatif, konjungsi, dan pronomina teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek pada umumnya sudah menggunakan menggunakan ciri kebahasaan dengan tepat.Konjungsi yang sering digunakan siswa yaitu konjungsi koordinatif, kemudian pronomina yang sering digunakan siswa yaitu pronomina persona. Penggunaan struktur, isi, dan ciri kebahasaan teks prosedur yang tepat lebih dominan dari yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafrison, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SISWA, ISI KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SISWA, CIRI KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:04
Last Modified: 20 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45122

Actions (login required)

View Item View Item