Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Zeni, Marta (2023) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MARTA_ZENI_19016027_2691_2023.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang telah diterapkan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ketiga, untuk mengetahui faktor pendukung implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penganalisaan data menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, pada pembelajaran guru mengimplementasikan beberapa nilai karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia seperti implementasi nilai santun melalui salam pembuka dan penutup. Nilai tanggung jawab juga selalu diimplementasikan dalam proses pembelajaran yaitu saat diberikan amanah harus dijaga. Menumbuhkan rasa ingin tahu dapat melalui apersepsi dan pengunaan media, metode, serta strategi. Kedua, faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Omeh yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam mentaati aturan, motivasi belajar dan kesadaran siswa atas tugas masih kurang, serta tanggung jawab masih kurang. Ketiga, faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Omeh yaitu adanya RPP yang memasukkan nilai pendidikan karakter, kerjasama pihak sekolah dengan orang tua, dan lingkungan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Omeh telah dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:49
Last Modified: 20 Jul 2023 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45121

Actions (login required)

View Item View Item