Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Statistika Universitas Negeri Padang Dalam Berbelanja Online di Shopee Menggunakan Metode CHAID

Ardilla, Miftahul (2023) Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Statistika Universitas Negeri Padang Dalam Berbelanja Online di Shopee Menggunakan Metode CHAID. Diploma thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_10_MIFTAHUL_ARDILLA_19037042_2714_2023_(30 Mar).pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia meningkat dari tahun 2017- 2022(Q1) sebesar 66,74%. Peningkatan terjadi karena terjadinya perubahan dalam kehidupan masyarakat salah satunya belanja online. Shopee merupakan ecommerce yang paling populer digunakan di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa Statistika UNP. Shopee mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Kepuasan konsumen dalam belanja online merupakan faktor terpenting dalam keberlangsungan toko online. Untuk membuat pelayanan semakin membaik perlu adanya evaluasi yang dilakukan untuk menilai kinerja Shopee. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melakukan survey kepuasan konsumen. Untuk melihat karakteristik kepuasan konsumen, maka dilakukan klasifikasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian terapan dengan data primer yang bersumber dari penyebaran kusioner melalui google form kepada mahasiswa Statistika UNP sebanyak 385 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel dependen yaitu kepuasan konsumen dan variabel independen yaitu kualitas layanan, kualitas produk, harga, emosional, biaya dan kemudahan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection). Hasil dari penelitian menggunakan metode CHAID menghasilkan pohon yang terdiri dari 6 kelompok. Analisis CHAID menunjukkan pengklasifikasian kepuasan mahasiswa paling tinggi adalah mahasiswa yang mendapat produk sesuai pesanan. Selain pengklasifikasian, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah Emosional. Dari hasil klasifikasi ini juga didapat persentase ketepatan model klasifikasi secara tepat sebesar 88,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSalma, AdmiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CHAID, Kepuasan Konsumen, Klasifikasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:49
Last Modified: 20 Jul 2023 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45119

Actions (login required)

View Item View Item