Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan LKPD Berbasis PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 6 Padang

Fadillah, Aisyah (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan LKPD Berbasis PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AISYAH_FADILLAH_18033003_2789_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2017 yang digunakan saat ini menuntut pembelajaran aktif dari siswa, ada komunikasi dua arah antara guru dan siswa di kelas. Kurikulum 2013 yang diterapkan sekarang ini, menekankan siswa pada keterampilan abad 21 dan adanya perubahan dari teacher center menjadi student center. Kenyataan di lapangan, pembelajaran Fisika di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Padang terlihat bahwa guru masih melakukan pendekatan secara langsung dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar yang membuat hasil belajar menjadi rendah. Solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan model Problem Based Learning menggunakan LKPD berbasis PhET. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran fluida statis menggunakan LKPD berbasis PhET terhadap hasil belajar fisika SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Desain penelitian yang digunakan Posttest–Only Control Design. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dari populasi penelitian yaitu kelas X IPA SMA Negeri 6 Padang tahun ajaran 2021/2022. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji U (Mann-Whitney). Dari analisis data penelitian didapatkan pada kompetensi pengetahuan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai z hitung = 6,831 dan z tabel =1,96. Pada kompetensi sikap hasil z hitung = 7,257 dan z tabel =1,96. Dan pada kompetensi keterampilan hasil z hitung = 7,166 dan z tabel =1,96. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sesuai dengan kriteria penolakan Ho yaitu tolak Ho jika z hitung <-z tabel atau z hitung . Dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran fluida statis menggunakan LKPD berbasis PhET terhadap hasil belajar fisika SMA Negeri 6 Padang. >z tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorSari, ilvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:41
Last Modified: 20 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45108

Actions (login required)

View Item View Item