Fadillah, Aisyah
(2023)
Pengaruh Model Problem Based Learning dalam
Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan LKPD Berbasis
PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 6 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum 2013 revisi 2017 yang digunakan saat ini menuntut pembelajaran aktif
dari siswa, ada komunikasi dua arah antara guru dan siswa di kelas. Kurikulum 2013
yang diterapkan sekarang ini, menekankan siswa pada keterampilan abad 21 dan
adanya perubahan dari teacher center menjadi student center. Kenyataan di lapangan,
pembelajaran Fisika di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Padang terlihat bahwa guru masih
melakukan pendekatan secara langsung dan kurang melibatkan siswa dalam proses
pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar yang membuat hasil
belajar menjadi rendah. Solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan model
Problem Based Learning menggunakan LKPD berbasis PhET. Tujuan penelitian ini
adalah menyelidiki pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran
fluida statis menggunakan LKPD berbasis PhET terhadap hasil belajar fisika SMA
Negeri 6 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Design) Desain penelitian yang digunakan Posttest–Only Control
Design. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dari populasi penelitian
yaitu kelas X IPA SMA Negeri 6 Padang tahun ajaran 2021/2022. Kelas XI IPA 1
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instumen
pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
U (Mann-Whitney).
Dari analisis data penelitian didapatkan pada kompetensi pengetahuan hasil
pengujian hipotesis diperoleh nilai z
hitung
= 6,831 dan z
tabel
=1,96. Pada kompetensi
sikap hasil z
hitung
= 7,257 dan z
tabel
=1,96. Dan pada kompetensi keterampilan hasil
z
hitung
= 7,166 dan z
tabel
=1,96. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sesuai dengan
kriteria penolakan Ho yaitu tolak Ho jika z
hitung
<-z
tabel
atau z
hitung
. Dapat
disimpulkan bahwa pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran
fluida statis menggunakan LKPD berbasis PhET terhadap hasil belajar fisika SMA
Negeri 6 Padang.
>z
tabel
Actions (login required)
|
View Item |