Komentar dr. Tirta pada Postingan Instagram tentang Kinerja Pemerintah dalam Menangani Covid-19 di Indonesia (Pendekatan Analisis Wacana Kritis)

Atrabu, Westi Septia (2022) Komentar dr. Tirta pada Postingan Instagram tentang Kinerja Pemerintah dalam Menangani Covid-19 di Indonesia (Pendekatan Analisis Wacana Kritis). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_WESTI_SEPTIA_ATRABU_20174036_7534_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bahasa yang digunakan media pada saat menulis berita tidak terlepas dari ideologi tertentu. Begitu juga dengan bahasa yang digunakan dalam komentar dr. Tirta pada postingan instagram tentang kinerja pemerintah dalam menangani covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk pertama, menjelaskan komentar dr. Tirta pada postingan instagram tentang kinerja pemerintah dalam menangani covid-19 di Indonesia dilihat dari penggunaan kosakata. Kedua, menjelaskan komentar dr. Tirta pada postingan instagram tentang kinerja pemerintah dalam menangani covid-19 di Indonesia dilihat dari penggunaan struktur kalimat. Ketiga, menjelaskan komentar dr. Tirta pada postingan instagram tentang kinerja pemerintah dalam menangani covid-19 di Indonesia dilihat dari penggunaan koherensi dan kohesi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat serta gugusan kalimat yang mengandung komentar dr. Tirta di media sosial instagram sebagai sumber data penelitian ini. Penelitan ini menggunakan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, komentar dr. Tirta pada postingan instagram tentang kinerja pemerintah dalam menangani covid-19 di Indonesia dilihat dari kosakata. Berdasarkan penggunaan kosakata, komentar dr. Tirta direpresentasikan melalui kosakata mendukung dan mengkritik kinerja pemerintah. Komentar yang mendukung diberikan pada kebijakan yang dinilai dapat menguntungkan masyarakat. Komentar yang mengkritik diberikan pada kebijakan yang dianggapnya berdampak merugikan bagi masyarakat. Kedua, komentar dr. Tirta pada postingan instagram tentang kinerja pemerintah dalam menangani covid-19 di Indonesia dilihat dari struktur kalimat. Berdasarkan penggunaan struktur kalimat, komentar dr. Tirta direpresentasikan melalui kalimat aktif dan pasif. Kalimat aktif yang menampilkan pelaku dalam teks dengan tujuan untuk mendukung dan mengkritik kinerja pemerintah. Kalimat pasif yang menyembunyikan pelaku dalam teks dengan tujuan mendukung dan mengkritik kinerja pemerintah. Dari kedua struktur kalimat tersebut yang dominan digunakan oleh dr. Tirta, adalah kalimat aktif dengan tujuan menonjolkan pelaku dan perbuatan. Ketiga, komentar dr. Tirta pada postingan instagram tentang kinerja pemerintah dalam menangani covid-19 di Indonesia dilihat dari koherensi dan kohesi. Berdasarkan penggunaan koherensi dan kohesi, komentar dr. Tirta sama-sama direpresentasikan melalui koherensi dan kohesi yang mendukung dan mengritik tentang kinerja pemerintah. Koherensi dan kohesi tersebut juga digunakan untuk melihat keterpaduan dalam sebuah teks dalam komentar dr. Tirta tentang kinerja pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJuita, NoviaUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorManaf, Ngusman AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS WACANA KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:57
Last Modified: 20 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45107

Actions (login required)

View Item View Item