Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan

Oktavia, Lusi (2023) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_LUSI_OKTAVIA_18016161_6_2023.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan. Ketiga, menganalisis adakah korelasi antara keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun 2021/2022 dengan jumlah siswa 140 orang siswa yang tersebar di lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang sampel penelitian diambil sebesar 15% mengunakan teknik sample random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks berita dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 79,16. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 83,05. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs N 2 Solok Selatan dengan nilai r hitung 0,894> r tabel 0,361 dengan derajat kebebasan n-1dan taraf signifikan 95% H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (5,38) lehih besar dari ttabel (1,70). Dengan demikian, dapat simpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks berita yang artinya hubungan antara kedua variabel sejajar yaitu semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman, maka akan semakin tinggi keterampilan menulis teks berita siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:50
Last Modified: 20 Jul 2023 00:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45105

Actions (login required)

View Item View Item