Penambahan Variabel Eksogen dalam Pembentukan Model ARIMAX untuk Meramalkan Total Barang Muat Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok Tahun 2021

Catria, Elvina (2023) Penambahan Variabel Eksogen dalam Pembentukan Model ARIMAX untuk Meramalkan Total Barang Muat Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok Tahun 2021. Diploma thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_10_ELVINA_CATRIA_18337018_420_2023_(20 Jan).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kegiatan perekonomian yang menjadi penunjang dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi adalah ekspor. Kegiatan ekspor merupakan kegiatan perdagangan dengan cara menjual barang-barang dari dalam ke luar negeri dengan memenuhi ketentuan yang berlaku. Tingginya angka ekspor-impor sangat berpengaruh dalam perkembangan ekonomi, jika jumlah ekspor naik maka harga barang domestik akan menurun, sehingga permintaan akan mata uang domestik akan naik dan nilai tukar menguat. Peningkatan atau penurunan nilai ekspor biasanya selalu dipengaruhi oleh variabel lain, seperti selera konsumen, nilai tukar mata uang, pendapatan konsumen, harga yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Dalam meramalkan total ekspor yang dipengaruhi oleh variabel lain, diperlukan metode yang dapat mengidentifikasi pengaruh variabel tersebut, salah satunya adalah metode ARIMAX. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk model ARIMAX, menghitung tingkat kelayakan model ARIMAX, dan bagaimana hasil peramalan yang dihasilkan oleh model ARIMAX. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang diawali dengan mempelajari dan menganalisis teori-teori yang relevan dengan permasalahan, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu data Total Barang Dalam Negeri di Pelabuhan Utama. Penelitian ini dimulai dengan menentukan model ARIMA terbaik dan menambakan variabel eksogen ke dalam model ARIMA sehingga terbentuk model ARIMAX. Hasil yang diperoleh menghasilkan model terbaik berupa ARIMAX (5,1,1). Pada model tersebut didapatkan tingkat kesalahan menggunakan MAPE sebesar 13,25%. Tingkat kesalahan tersebut bisa dikatakan cukup kecil, sehingga model ARIMAX (5,1,1) layak digunakan untuk meramalkan total ekspor pada periode berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ARIMAX, Eksogen, Ekspor, Pelabuhan Tanjung Priok, Peramalan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:30
Last Modified: 18 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45099

Actions (login required)

View Item View Item