Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPN 28 Padang

Rusma, Olyivia Retdwina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPN 28 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_09_OLYVIA_RETDWINA_RUSMA_19231034_1530_2023_(16 feb).pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam perkembangan kemajuan zaman adalah mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA bertujuan untuk membekali siswa pengetahuan terkait kehidupan sehari-hari dan melatih berpikir secara ilmiah. Oleh sebab itu pencapaian tujuan pembelajaran dalam IPA merupakan hal yang perlu diprioritaskan oleh guru. Salah satu langkah yang dapat dilakukan guru yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dalam mata pelajaran IPA. Salah satu model yang dapat diterapkan oleh guru adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian terdahulu menyebutkan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe materi suhu, kalor dan pemuaian STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa SMPN 28 padang Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dengan menerpakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan satu kelas kontrol dengan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini melakukan analisis statistika menggunakan bantuan SPSS versi 25 Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,735 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima maka disimpulkan Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi suhu, kalor, dan pemuaian pada siswa SMPN 28 Padang. Ada beberapa faktor penghambat terhadap hasil belajar kognitif siswa di antaranya karakter siswa, minat belajar siswa, berbagai latar belakang siswa, kemampuan dasar matematika siswa dan penyesuaian model yang baru dilaksanakan di SMP N 28 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktavia, RaniUNSPECIFIED
CorrectorMuttaqiin, AriefUNSPECIFIED
CorrectorYanto,, FebriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar kognitif, suhu, kalor, dan pemuaian, serta faktor penghambat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:38
Last Modified: 18 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45095

Actions (login required)

View Item View Item