Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pariaman

Fauziyah M., Ulfa (2022) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ULFA_FAUZIYAH_M_18016047_5180_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisualterhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 188 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 yang berjumlah 30 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisualdan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisualsiswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,19. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisualsiswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 86,39. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis penelitian H1diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)= (n-1) karena thitung>ttabel(7,61> 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisuallebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Dengan demikian, model discovery learning berbantuan media audiovisualdapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, MEDIA AUDIOVISUAL, KETERAMPILAN MENULIS TEKS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:25
Last Modified: 18 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45094

Actions (login required)

View Item View Item