Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Kencana, Kartika (2023) Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_KARTIKA_KENCANA_19016166_2885_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tindak tutur dalam interaksi belajar mengajar di kelas dan dalam pembelajaran berlangsung guru mampu mengekspresikan dirinya dengan melakukan komunikasi melalui tindak tutur yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu mendeskripsikan tindak tutur direktif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Subjek penelitian ini adalah salah seorang guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri (human instrument). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah, sebagai berikut. Pertama, data yang diperoleh dari hasil rekaman tersebut ditranskripsikan menjadi bahasa tulis (tulisan). Kedua, mengidentifikasi tindak tutur direktif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Ketiga, mengelompokkan data yang didapatkan berdasarkan tindak tutur direktif sekaligus dengan strategi bertuturnya. Keempat, menganalisis data yang sebelumnya sudah didapatkan. Kelima, memberikan simpulan terhadap data berdasarkan pengumpulan data. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat lima bentuk tuturan direktif, yaitu (1) tindak tutur direktif menyuruh, (2) tindak tutur direktif memohon, (3) tindak tutur direktif menyarankan, (4) tindak tutur menuntut, dan (5) tindak tutur direktif menantang. Kedua, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat lima bentuk strategi bertutur yaitu, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basi-basi, (2) strategi bertutur terus terang basi-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan negatif, (4) strategi bertutur samar-samar, dan (5) strategi bertutur dalam hati. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Tindak tutur direktif yang sering digunakan guru adalah tindak tutur direktif menyuruh sebanyak 135 tuturan. Strategi bertutur yang paling sering digunakan oleh guru adalah strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan positif sebanyak 90 tuturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:37
Last Modified: 18 Jul 2023 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45092

Actions (login required)

View Item View Item