Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Masa Hamil, Melahirkan, dan Menyusui Masyarakat Dusun Lombok Jorong Irian Kenagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Nopanda, Irfan (2023) Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Masa Hamil, Melahirkan, dan Menyusui Masyarakat Dusun Lombok Jorong Irian Kenagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_IRFAN_NOPANDA_18017104_2045_2023.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini tradisi dan kepercayaan rakyat sudah mulai hilang akibat adanya pengaruh kebudayaan dari luar daerah. Kebudayaan yang datang dari luar memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat tertentu. Sehingga mengakibatkan bercampurnya kebudayaan indonesia dengan kebudayaan dari luar daerah tersebut. Sastra lisan merupakan salah satu dari beberapa tradisi masyarakat yang mulai hilang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjelaskan tentang struktur dan fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang masa hamil, melahirkan, dan menyusui masyarakat Dusun Lombok Jorong Irian Kenagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan: wawancara, perekaman, pencatatan data, serta tahap transkripsi kedalam bentuk tulisan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang Masa Hamil, Melahirkan, dan Menyusui Masyarakat Dusun Lombok Jorong Irian Kenagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat terbagi atas dua bagian, yaitu (a) struktur dua bagian dan (b) struktur tiga bagian. (2) Fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang Masa Hamil, Melahirkan, dan Menyusui Masyarakat Dusun Lombok Jorong Irian Kenagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat terbagi atas empat, yaitu (a) mempertebal keyakinan, (b) sistem proyeksi khayalan, (c) mendidik, (d) dan melarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:34
Last Modified: 18 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45080

Actions (login required)

View Item View Item