Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa dalam Pencegahan Penularan Covid-19

Fajri, Fitratul ‘Ilmi (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa dalam Pencegahan Penularan Covid-19. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FITRATUL_ILMI_FAJRI_19151014_2773_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini siswa memiliki rasa kepedulian sosial yang rendah terhadap penyebaran Covid-19 yang ditunjukkan dengan semakin meningkatnya kasus positif dan munculnya berbagai varian baru, diantaranya varian delta, lambda dan omicron. Kepedulian sosial merupakan kemampuan individu bertanggung jawab atas diri sendiri dan orang lain serta memiliki rasa empati, peka dan tanggap terhadap orang lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa adalah dengan memberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan pedekatan konseling realitas. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) menganalisis perbedaan kepedulian sosial siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam pencegahan penularan Covid-19 sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas, (2) menganalisis perbedaan kepedulian sosial siswa kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol dalam pencegahan penularan Covid-19 sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan pendekatan konseling realitas, (3) menganalisis perbedaan kepedulian sosial ramaja dalam pencegahan Covid-19 kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design. Populasi dalam penelitian sebanyak 210 orang siswa, dengan menggunakan rumus Slovin menjadi 72 siswa, selanjutnya dari hasil data keseluruhan diambil 26 siswa yang dibagi menjadi 13 siswa untuk kelompok eksperiment dan 13 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik nonparametrik. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kepedulian sosial kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas, (2) terdapat perbedaan kepedulian sosial kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan kepedulian sosial kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tentang kepedulian sosial tanpa perlakuan khusus, hal ini terlihat pada skor rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada skor rata-rata posttest kelompok kontrol. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas efektif dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:33
Last Modified: 18 Jul 2023 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45075

Actions (login required)

View Item View Item