Fajri, Fitratul ‘Ilmi
(2023)
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok
Menggunakan Pendekatan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Kepedulian
Sosial Siswa dalam Pencegahan Penularan Covid-19.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dewasa ini siswa memiliki rasa kepedulian sosial yang rendah terhadap
penyebaran Covid-19 yang ditunjukkan dengan semakin meningkatnya kasus positif dan
munculnya berbagai varian baru, diantaranya varian delta, lambda dan omicron.
Kepedulian sosial merupakan kemampuan individu bertanggung jawab atas diri sendiri
dan orang lain serta memiliki rasa empati, peka dan tanggap terhadap orang lain. Salah
satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa adalah
dengan memberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan pedekatan konseling
realitas. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) menganalisis perbedaan kepedulian sosial siswa
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam pencegahan penularan Covid-19
sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan
konseling realitas, (2) menganalisis perbedaan kepedulian sosial siswa kelompok
ekperimen dengan kelompok kontrol dalam pencegahan penularan Covid-19 sebelum
dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan pendekatan
konseling realitas, (3) menganalisis perbedaan kepedulian sosial ramaja dalam
pencegahan Covid-19 kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan
kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas dengan kelompok kontrol yang
diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian
ini adalah quasi experiment design. Populasi dalam penelitian sebanyak 210 orang siswa,
dengan menggunakan rumus Slovin menjadi 72 siswa, selanjutnya dari hasil data
keseluruhan diambil 26 siswa yang dibagi menjadi 13 siswa untuk kelompok eksperiment
dan 13 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan yaitu simple
random sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
statistik nonparametrik. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert, data
dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov
Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kepedulian sosial
kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok
menggunakan pendekatan konseling realitas, (2) terdapat perbedaan kepedulian sosial
kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa
perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan kepedulian sosial kelompok eksperimen yang
diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas
dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tentang
kepedulian sosial tanpa perlakuan khusus, hal ini terlihat pada skor rata-rata posttest
kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada skor rata-rata posttest kelompok kontrol.
Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling
realitas efektif dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa.
Actions (login required)
|
View Item |