Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 02 Pasar Bukit Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan

Mursalin, Zikri (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 02 Pasar Bukit Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_ZIKRI_MURSALIN_18129340_8120_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran disebabkan oleh RPP yang disusun guru hanya menggunakan pendekatan saintifik yang ada di buku guru, sumber belajar dan bahan ajar yang digunakan guru hanya menggunakan buku siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru sehingga peserta didik sulit memahami apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 02 Pasar Bukit Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN No 02 Pasar Bukit Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dengan jumlah 30 orang peserta didik. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 87,49% dengan kategori B, lalu meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kategori AB. Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 76,78% dengan kategori C, lalu meningkat pada siklus II yaitu 92,85% dengan kategori AB. Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 76,78% dengan kategori C, meningkat pada siklus II yaitu 92,85% dengan kategori AB. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata nilai 74,19% dengan kategori B, meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,06% dengan kategori AB. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 02 Pasar Bukit Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:04
Last Modified: 17 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45067

Actions (login required)

View Item View Item