Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Disleksia Melalui Media Puzzle Huruf di Kelas Iv SD N 08 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota

Kurniawan, Yora (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Disleksia Melalui Media Puzzle Huruf di Kelas Iv SD N 08 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_YORA_KURNIAWAN_18003113_5360_2022.pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada dilapangan yaitu seorang anak dengan masalah kesulitan belajar yang kesulitan dalam membaca (disleksia) yang duduk di kelas IV di SD N 08 Sarilamak. Anak bermasalah dalam membaca kata dengan pola KV-KVK sehingga anak tidak bisa mengikuti pelajaran yang ada di sekolah. Penelitan ni bertujuan untuk meningkatan kan kemampuan anak dalam membaca permulaan khususnya membaca kata dengan pola KV-KVK. Penelitain ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A, subjek dalam penlitian ini adalah anak disleksia dengan masalah dalam membaca permulaaan khususnya dalam membaca kata dengan pola KV-KVK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes dan dokumentasi terhadap kemampuan membaca kata dengan pola KV-KVK pada anak. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analaisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi di dalam penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan membaca permulaan anak disleksia meningkat sacara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media puzzle huruf. Terbukti bahwa media puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 09:04
Last Modified: 17 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45065

Actions (login required)

View Item View Item