Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV A SDN 03 Kampung Batu Dalam Kabupaten Solok.

Putri, Yulira (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV A SDN 03 Kampung Batu Dalam Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_YULIRA_PUTRI_18129217_3544_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu rendahnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan guru belum menggunaan model pembelajaran yang inovatif yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik untuk berpikir kritis. Sehingga hal ini berdampak kepada hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu peserta didik menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualititatif dan kuantitatif yang dilakukan sebanyak dua siklus. Prosedur penelitian masing-masing siklus yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe think pair share (TPS). Data tersebut berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV A SDN 03 Kampung Batu Dalam Kabupaten Solok dengan jumlah peserta didik 18 orang. Yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Adapun yang terlibat dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai praktisi, guru kelas dan teman sejawat sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I memperoleh rata-rata 88,89% (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I memperoleh rata-rata 82,50% (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,00% (B) dan pada aspek peserta didik, siklus I memperoleh rata-rata 82,50% (B) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,00% (B), c) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 77,89 (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,54 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu peserta didik di SDN 03 Kampung Batu Dalam Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:55
Last Modified: 17 Jul 2023 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45063

Actions (login required)

View Item View Item