Peningkatan Proses Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Kelas IV SDN 08 Karang Putiah Kabupaten Solok Selatan.

Sari, Yarni Puspita (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Kelas IV SDN 08 Karang Putiah Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_YARNI_PUSPITA_SARI_18129089_6769_2022.pdf.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas Kelas IV guru lebih banyak berperan sebagai subjek dalam proses pembelajaran dan kurang mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran berbasis kelompok. Hal ini mengakibatkan rendahnya proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Think Pair Share untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada semester II (Januari-Juni) tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti selaku praktisi, guru selaku observer dan peserta didik yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 9 orang peserta didik perempuan. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan, sumber data berasal dari proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Think Pair Share. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi seperti menggunakan lembar pengamatan dan tes seperti menggunakan LDK dan evaluasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II.Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 85% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I adalah 80% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Pada hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I, nilai rata-rata 80% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 8 di kelas IV SDN 08 Karang Putiah Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:53
Last Modified: 17 Jul 2023 08:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45058

Actions (login required)

View Item View Item