Pelatihan Aplikasi Perkantoran di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Prima Data Ulak Karang Padang.

Andani, Windia (2022) Pelatihan Aplikasi Perkantoran di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Prima Data Ulak Karang Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_WINDIA_ANDANI_18005140_7040_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai peserta pelatihan yang tinggi diduga karena proses pelatihan mulai dari kebutuhan pelatihan sampai dengan penilaian pelatihan terlaksana dengan baik. Ada dua keunikan pada pelatihan ini, yang pertama yaitu pada lembaga Prima Data ini menjadi instruktur pada pelatihan jenjang pendidikan bukanlah tolak ukur utama yang dilihat, yang menjadi penilaian utama di lembaga adalah Skill (kemampuan) serta sikap dan sopan santun. Keunikan kedua pada lembaga yaitu peserta pelatihan yang pernah belajar di lembaga Prima Data ini bisa menjadi instruktur pelatihan aplikasi perkantoran di lembaga, jika memang sesuai dengan kemampuan dan skill dibidang nya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menggambarkan kebutuhan pelatihan, (2) untuk menggambarkan perancangan pelatihan, (3) untuk menggambarkan pelaksanaan pelatihan, (4) untuk menggambarkan penilaian pelatihan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengelola, instruktur dan peserta pelatihan program pelatihan aplikasi perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, tampilan data, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu triangulasi sumber, teori dan metode. Sumber data dalam penelitian ini adalah, subjek penelitian yaitu instruktur dan pengelola serta informan penelitian ini yaitu peserta pelatihan. Hasil dari penelitian terkait proses pelatihan di LKP Prima Data tepatnya pada pelatihan aplikasi perkantoran yaitu; 1) Kebutuhan Pelatihan dilihat dari pelatihan sudah terlaksana dengan sesuai kebutuhan peserta pelatihan. 2) Perancangan Pelatihan sesuai dengan kebutuhan dari peserta pelatihan3) Pelaksanaan Pelatihan, pelatihan yang dilaksanakan sesuai dengan yang sudah dirancang dan dengan strategi pembelajaran4) Penilaian Pelatihan, dilakukan setelah pelatihan dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:52
Last Modified: 17 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45057

Actions (login required)

View Item View Item