Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent Pada Materi Desain Grafis Kelas IX SMP.

Thahirah, Widya Aisyah At (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent Pada Materi Desain Grafis Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan e-modul berbasis hypercontent ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan yang dialami siswa, dimana ketika siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang kurang dipahami, guru kurang maksimal dalam memberikan jawaban untuk siswa, karena banyaknya siswa bertanya. Untuk mengatasi permasalahan ini maka perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran, solusi yang dapat dilakukan yaitu penggunaan sebuah media pembelajaran yang dapat dijadikan bahan ajar dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul pada materi desain grafis kelas IX SMP serta mengetahui validitas dan praktikalitas dari produk e-modul yang dikembangkan sehingga valid, praktis dan layak digunakan . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari:(1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develope (Pengembangan), (4) Dessiminate (Penyebaran). Uji validitas dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 validator ahli media dan 1 validator ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada 30 responden siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Bukittinggi. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari ahli media produk e-modul dikategorikan “sangat valid” untuk digunakan dengan jumlah rata-rata penilaian yaitu 4,64. Hasil validasi penilaian oleh ahli materi juga dikategorikan “sangat valid” untuk digunakan dengan jumlah rata-rata penilaian yaitu 4,95. Selanjutnya, hasil uji coba untuk praktikalitas produk e-modul berada pada kategori “sangat praktis” digunakan dengan rata-rata keseluruhan 4,57. Jadi, berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk e-modul dapat dikembangkan valid, praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran Bimbingan TI&K.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:52
Last Modified: 17 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45054

Actions (login required)

View Item View Item