Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP.

Inggriani, Vira (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_VIRA_INGGRIAN_18004141_6920_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis android dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang masih berpedoman kepada buku teks, PPT Dan video yang berasal dari Youtube sehingga penggunaan media tersebut dirasa kurang dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu masalah lainnya yaitu rendahnya hasil belajar siswa dan keterbatasan waktu guru dalam merancang media pembelajaran, karena untuk merancang media membutuhkan waktu yang lama. Pengembangan media pembelajaran berbasis Android ini bertujuan untuk menghasilkan produk media yang dapat meningkatkan minat siswa serta menghasilkan media yang dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri dirumah serta membuat media pembelajaran yang dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah penggunaan Smartphone yang semakin banyak digunakan dikalangan pelajar. Jenis pengembangan ini adalah pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg and Gall, dimana model ini terdiri dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, pengujian lapangan, revisi produk, uji coba setelah revisi, revisi akhir dan produk massal. Namun disini ada beberapa langkah yang tidak terlaksanakan oleh peneliti karena keterbatasan waktu diantaranya uji coba setelah revisi, revisi akhir dan produk massal. Uji validasi produk produk dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu dua validator media dari Departemen Kurikulum dan Teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dan satu orang validator materi dari guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP N 12 Padang. Sedangkan uji Praktikalitas dilakukan kepada siswa kelas VII di SMP N 12 Padang. Hasil validasi produk dari validator materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,18 dengan kategori “sangat valid”, hasil validasi dari validator pertama mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,82 dengan kategori “valid” dan hasil validasi dari validator kedua mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,41 dengan kategori “sangat valid”. sedangkan uji praktikalitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,40 dengan kategori “sangat praktis”. Jadi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP “sangat layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:50
Last Modified: 17 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45051

Actions (login required)

View Item View Item