Ramadhani, Velya
(2022)
Deskripsi Disiplin Siswa di SMA N 1 Sungai Tarab.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di sekolah dimana banyak siswa yang melanggar aturan sekolah dan tidak memiliki disiplin yang baik. Siswa merupakan aset berharga yang akan menjadi penelrus suatu bangsa, jadi disiplin sangat penting dimiliki oleh Siswa. Sekolah merupakan salah satu tempat dalam membentuk disiplin siswa. Namun pada saat ini banyak siswa yang tidak mematuhi tata tertib dan aturan yang ada di sekolah, pada umumnya siswa sering melanggar aturan di sekolah. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor, bisa faktor dari dalam ataupun dari luar individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana disiplin siswa dari berbagai aspek diantaranya: disiplin belajar, disiplin waktu, disiplin perilaku sosial, dan disiplin berpakaian.
Jenis penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi penelitian merupakan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sungai Tarab berjumlah sebanyak 235. Sampel penelitian sebanyak 148 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket disiplin siswa. Data diolah menggunakan teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin siswa di SMA Negeri 1 Sungai Tarab berada pada kategori sedang yaitu 53,4%. Berdasarkan aspeknya disiplin siswa dikategorikan: (1) aspek disiplin belajar berada pada kategori sedang persentase 35,1%. (2) aspek disiplin waktu berada pada kategori sedang 41,9%.%. (3) aspek disiplin perilaku sosial berada pada kategori sedang 37,2%. %. (2) aspek disiplin berpakaian berada pada kategori rendah 28,38% Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat memberikan bantuan berupa layanan informasi, layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |