Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas II SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota

Haryazeti, Tasya (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas II SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_TASYA_HARYAZETI_18129140_4805_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan pelaksanaan proses pembelajaran yang belum menerapkan karakteristik pembelajaran tematik terpadu yang seharusnya. Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran belum melibatkan peserta didik secara langsung dan belum membangkitkan keaktifan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) di kelas II SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas II SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah 18 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi atau pengataman terhadap aktivitas guru serta peserta didik selama pembelajaran berlangsung sedangkan tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan peserta didik yang dilakukan diakhir pembelajaran dengan instumen penelitian berupa lembar observasi, lembar tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 88,63% (baik), dan siklus II 95,45% (sangat baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 89,58% (baik), dan siklus II 95,83% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 83,33% (baik), dan siklus II 95,83% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 72,61 dan siklus II dengan rata-rata 88,72. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorMaslinadevi, MaslinadeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:50
Last Modified: 17 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45047

Actions (login required)

View Item View Item