Pengembangan kuis interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP.

Diana, Syella (2022) Pengembangan kuis interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_SYELLA_DIANA_18004140_6605_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran dapat dilakukan melalui kuis interaktif yang membahas mengenai materi yang telah disampaikan. Dimana kuis interaktif dapat melatih kemampuan pemahaman peserta didik dalam memahami pembelajaran. Dalam menerapkan pembelajaran dikelas guru hanya mengandalkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam menilai pemahaman peserta didik, sehingga diperlukan suatu inovasi evaluasi pembelajaran yang dapat meningkatkan wawasan pengetahuan dan minat belajar peserta didik agar bisa memahami materi pembelajaran tersebut dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Oleh karena itu, penulis tertarik merancang kuis interaktif agar peserta didik dapat lebih memahami materi pelajaran dan mendorong minat belajar siswa, yang mana kuis interaktif ini terdapat beberapa pertanyaan dan pilihan jawaban sehingga dapat memberikan umpan balik bagi peserta didik untuk belajar mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Data didapatkan melalui kegiatan penelitian uji coba, yang dikelompokkan menjadi dua bentuk, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran yang dipapatkan pada saat uji validitas oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan pengisian angket uji praktikalitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuis interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP, pada hasil uji validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,00 dan persentase sebesar 100% dalam kategori Sangat Baik. Sedangkan hasil uji validasi dari ahli media diperoleh total rata-rata skor 3,97 dan persentase sebesar 99,42% dalam kategori Sangat Baik. Hasil uji praktikalitas yang melibatkan guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII diperoleh rata-rata skor 5,00 dengan persentase sebesar 100% dalam kategori Sangat Praktis dan peserta didik sebanyak 30 orang diperoleh rata-rata skor 4,20 dengan persentase sebesar 83,96% dalam kategori Sangat Praktis. Berdasarkan uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk kuis interaktif dapat dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:48
Last Modified: 17 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45045

Actions (login required)

View Item View Item