Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone is Teacher Here di Kelas IV SDN 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi

William, Suci Angela (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone is Teacher Here di Kelas IV SDN 12 Bukit Cangang Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_SUCI_ANGELA_WILLIAM_18129314_3799_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu, pada saat proses pembelajarn siswa terlihat kurang aktif, keberanian siswa berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang, siswa terbiasa menerima penyampaian materi oleh guru sehingga kurang mampu memecahkan masalah sendiri yang disebabkan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau Teacher Centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Everyone Is Teacher Here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 12 Bukit Cangang Kota Bukitinggi. Data dari penelitian diperoleh dari rencana pelaksanaan pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan non tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) RPP siklus I diperoleh dengan rata-rata 82,5% (B) dan siklus II 95,5% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 80% (B) dan siklus II 92,5% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata 81,25% (B) dan siklus II 92,5% (SB), c) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 76 dan siklus II rata-rata 87,72. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:46
Last Modified: 17 Jul 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45043

Actions (login required)

View Item View Item