Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus I Kecamatan IV Jurai.

Putri, Sonia Dwi Permata (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus I Kecamatan IV Jurai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_SONIA_DWI_PERMATA_PUTRI_18129341_6304_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik dalam proses pembelajaran masih belum melibatkan bantuan dari teman hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri dalam menerima materi pembelajaran dari guru, sehingga peserta didik yang sulit memahami materi pembelajaran semakin tertinggal dari peserta didik yang memiliki kemampuan akademis sedang hingga tinggi, peserta didik tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran karena guru belum menggunakan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan masih menerapkan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik cendrung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus I Kecamatan IV Jurai pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasy eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling dengan jenis Cluster Random Sampling, populasi terdiri dari beberapa Sekolah Dasar dalam satu Gugus I Kecamatan IV Jurai, dan terpilih sebagai sampel adalah kelas VA dan V B SDN 26 Painan Selatan. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitasnya kemudian uji homogenitasnya serta uji hipotesisnya menggunakan uji t dan uji regresi linear sederhana. Rata-rata pada pre-test di kelas eksperimen ialah 46,25, setelah menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization diperoleh post-test 80,5. Pada kelas kontrol memperoleh rata- ratanya di pre-test 49,06 dan post-test setelah dibelajarkan menggunakan pendekatan konvensional 64,13. Setelah dilakukan uji-t diperoleh thitung= 3,605 dan ttabel 2,045 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian thitung = 3605 > ttabel = 2,045, maka disimpulkan ditemukan pengaruh model Team Assisted Individualization terhadap hasil perolehan belajar peserta didik SD tema lingkungan sahabat kita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:46
Last Modified: 18 Jul 2023 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45042

Actions (login required)

View Item View Item