Juwaiyriyah, Siti
(2022)
Hubungan Regulasi Diri Siswa SMA dengan Perilaku Pembelian Impulsif.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena permasalahan siswa yang ditemukan memiliki kecenderungan perilaku pembelian impulsif yang tidak rasional seperti berbelanja untuk tujuan agar suasana hati membaik, berbelanja didorong oleh teman sebaya, karena berbelanja untuk pamer agar mendapat pujian, dan berbelanja untuk obsesi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan regulasi diri siswa, (2) Mendeskripsikan perilaku pembelian impulsif siswa dan (3) Menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan perilaku pembelian impulsif siswa di SMAN 7 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 7 Padang dengan total 1032 siswa dan jumlah sampel sebanyak 288 siswa yang diambil dengan taknik stratified proposional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data ini dianalisis dengan deskriptif melalui rumus persentase dan analisis korelasional dengan Product Moment. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kebanyakan (67,36%) siswa memiliki regulasi diri yang tinggi. Selanjutnya kebanyakan (55.56%) siswa memiliki kebiasaan berperilaku impulsif sedang. Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang negatif signifikan antara regulasi diri dengan perilaku pembelian impulsif siswa dengan besar korelasi -0,466 yang berada pada kategori sedang dan taraf signifikansi 0,000.
Actions (login required)
|
View Item |