Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP

Adawiyah, Robiatul (2022) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_ROBIATUL_ADAWIYAH_18006132_5450_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Siswa SMP berada pada remaja awal yang sedang mencari identitas diri dengan banyak permasalahan yang dihadapinya salah satunya berkaitan dengan kemampuan komunikasi interpersonal. Kemampuan komunikasi interpersonal merupakan tugas perkembangan remaja yang harus berkembang. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya kepercayaan diri siswa sehingga siswa akan cenderung mengindari atau mengalami berbagai kesulitan untuk mengkomunikasikan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kepercayaan diri siswa SMP, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP, (3) hubungan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 137 orang siswa dengan menggunakan sampel jenuh yaitu keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri dan angket kemampuan komunikasi interpersonal yang diukur dengan menggunakan skala likert. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalisis menggunakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepercayaan diri siswa SMP 2 Pertiwi Padang kebanyakan (61,3%) memiliki tingkat kepercayaan tinggi dengan rata-rata skor capaian 108,7 (72,5%) dan hanya sedikit siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah dan sangat rendah. (2) Kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP 2 Pertiwi Padang kebanyakan (59,1%) kemampuan komunikasi interpersonal siswa tinggi dengan rata-rata skor capaian 155,8 (72,4%) dan hanya satu orang siswa yang memiliki tingkat kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. (3) Terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa SMP dengan nilai koefisien korelasi X dan Y yaitu 0,577 dan nilai signifikansi 0,000 dengan tingkat hubungan sedang sedang. Artinya, semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP, begitu juga sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri maka semakin rendah kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRidha, MarsyidUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:42
Last Modified: 17 Jul 2023 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45036

Actions (login required)

View Item View Item