Pengembangan Media Video “Motion Graphic” Pada Mata Kuliah Fotografi Untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP.

Novel, Ritno Allathif (2022) Pengembangan Media Video “Motion Graphic” Pada Mata Kuliah Fotografi Untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_RITNO_ALLATHIF_NOVEL_15004069_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi difaktori media perkuliahan yang digunakan selama ini hanya berupa media presentasi power point dan tutorial dari dosen. Pengembangan media video motion graphic ini dapat membantu mahasiswa memahami materi yang disampaikan tanpa harus menggunakan kamera secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video motion graphic sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan materi, media, dan kepraktisan pada mata kuliah Fotografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, dengan langkah yang dimodifikasi, yaitu perencanaan pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba dan produk akhir. Produk hasil pengembangan dinilai oleh 1 orang ahli materi yakni dosen pengampu mata kuliah Fotografi prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP dan 1 orang ahli media yakni dosen prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP. Penilaian uji praktikalitas dilakukan oleh 20 orang mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan yang telah menyelesaikan mata kuliah Fotografi. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “sangat sesuai” dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4,87, untuk aspek media berada dikategori “sangat layak” dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,8. Selanjutnya, uji coba kepraktisan produk dilakukan kepada 20 orang mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP. untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “sangat praktis” dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,8. Dengan demekian pengembangan media video motion graphic layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:41
Last Modified: 17 Jul 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45034

Actions (login required)

View Item View Item