Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Pertumbuhan Ekonomi, dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat

Utami, Yuliza Dwi (2023) Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Pertumbuhan Ekonomi, dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_YULIZA_DWI_UTAMI_18060052_499_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh pengeluaran pemerintah sektor belanja modal, pengeluaran pemerintah sektor belanja bantuan sosial, pertumbuhan ekonomi, dan tingkat pengangguran terbuka terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dan induktif. Data yang digunakan merupakan data panel untuk 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dari tahun 2011-2020 yang diperoleh dari lembaga terkait. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan model Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengeluaran pemerintah sektor belanja modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan, (2) Pengeluaran pemerintah sektor belanja bantuan sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan, (3) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan, dan (4) Tingkat pengangguran terbuka berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnis, AliUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorAkbar, Urmatul UskaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH, PERTUMBUHAN EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi -S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:40
Last Modified: 17 Jul 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45029

Actions (login required)

View Item View Item