Aziz, Ravidah
(2022)
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemahaman yang kurang tentang bahaya penyalahgunaan narkoba membuat siswa tidak peduli akan bahaya penyalahgunaan narkoba. Sebagian besar pengguna narkoba di masa remaja dikarenakan remaja memiliki karakteristik yang tidak stabil, dan mudah dipengaruhi serta rasa ingin tahu yang besar. Narkoba sudah diketahui bisa mengakibatkan kecanduan, gangguan serius, penyakit dan kematian, pada anak remaja. Strategi preventif untuk meningkatkan pemahaman penyalahgunaan narkoba pada remaja dilakukan dengan layanan bimbingan kelompok. yaitu dengan memberikan informasi-informasi atau pengetahuan tentang narkoba serta mengajarkan dan melatihkan keterampilan sosial yang berhubungan dengan kemampuan untuk menolak bujukan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pra-eksperimen dengan design one group pretest posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa SMAN 1 Rao dengan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah angket, sedangkan datanya dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank dengan bantuan aplikasi SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Secara khusus pelaksanaan bimbingan kelompok memberikan peningkatan pada pemahaman siswa tentang bahaya narkoba. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dan layanan yang ada pada bimbingan dan konseling.
Actions (login required)
|
View Item |