Alamin, Rahmatun Lil (2022) Adversity Quotient Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Sumara, Rano (2022) Alamin, Rahmatun Lil (2022) Adversity Quotient Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_RANO_SUMARA_18129202_5150_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pemamfaatan model dan pembelajaran inovatif oleh guru yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga reaksi Peserta didik cenderung pasif dan kurang berminat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan Siswa kelas IV SD Negeri 15 Sungai Taleh Kabupaten Agam. Prosedur penelitan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 81,94% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 85,71% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) aktivitas siswasiklus I memperoleh rata-rata persentase 80,35% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasisangat baik (SB), dan d) hasil belajar Peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 76,43 dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,18 dengan predikat (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:39
Last Modified: 17 Jul 2023 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45026

Actions (login required)

View Item View Item