Adversity Quotient Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Selama Masa Pandemi Covid-19.

Alamin, Rahmatun Lil (2022) Adversity Quotient Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_RAHMATUN_LIL_ALAMIN_17006068_7911_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tingkat adversity quotient siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Payakumbuh. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang mengalami permasalahan selama masa pembelajaran DARING karena pandemi Covid-19, diantaranya terdapat masalah peserta didik yang tidak mengerjakan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, dan tidak mengikuti kelas selama pembelajaran DARING. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adversity quotient yang diukur dengan aspek (1) Kendali (control), (2) Asal-usul (Origin), (3) Kepemilikan (Ownership), (4) Jangkauan (Reach), (5) Daya tahan (Endurance). Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah sebanyak 489 orang siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh dan sampel sebanyak 220 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil 1) Tingkat adversity quotient siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Payakumbuh berada pada kategori tinggi , 2) Tingkat adversity quotient siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Payakumbuh berdasarkan: (a) aspek kendali (control) secara umum berada pada kategori tinggi, (b) aspek asal-usul (origin) secara umum berada pada kategori sedang (c) aspek kepemilikan (ownership) secara umum berada pada kategori tinggi (d) aspek jangkauan (reach) secara umum berada pada kategori sangat tinggi dan (e) aspek daya tahan (endurance) secara umum berada pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIfdil, IfdilUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:39
Last Modified: 17 Jul 2023 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45025

Actions (login required)

View Item View Item